Minggu, 21 Februari 2016

It is me 2

2000 - 2001:
a.       Jumlah santri di dalam asrama 102 anak ( 49 putra & 53 putri ) yang duduk di bangku :
1.    SD berjumlah 9 anak (5 putra, 4 putri).
2.    MTs Bali Bina Insani , berjumlah 62 anak ( 27 putra, 35 putri ).
3.    MA Bali Bina Insani , berjumlah 18 anak ( 9 putra , 9 putri )
4.    SMU 5 anak ( 3 putra, 2 putri).
b.      Tahun 2011 Pondok Pesantren Bali Bina Insani telah mengkader 5 santri dan 11 santriwati di : Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Darul Muttaqin Bogor, Al Amin Perinduan Madura.
c.       Aktifitas rutin  Pondok Pesantren Bali Bina Insani :
1.      Mengaji Al - Qur’an.
2.      Tahfidzul Qur’an Juz 301, 29, 1 dan 2.
3.      Belajar keagamaan di Madrasah Diniah.
4.      Kajian kitab klasik
5.      Penerapan bahasa Arab/bahasa Inggris.
6.      Muhadloroh/speeching/pidato.
7.      Senam kesehatan jasmani (senam santri dan atau senam Pramuka).
8.      Bela diri (Karate dan Silat).
9.      Pramuka.
10.  Drumband, Qasidah, Hadlrah & Gambus.
11.  Kebersihan asrama & lingkungan sekitarnya.
12.  Sholat jama’ah.
13.  Organisasi santri La - Royba (OSALA)
14.  Organisasi Gugus Depan Gerakan Kepramukaan
15.  Majalah Dinding Kasasi (Kreasi Anak Santri)
16.  Volley
17.  Basket
18.  Futsal
19.  Atletik
20.  Catur
21.  Pingpong
22.  Badminton
23.  Tari bali
24.  Teater

d.      Jumlah tenaga pengajar .... orang (... Laki – laki , ... perempuan) dengan tenaga kerumah tanggaan ... orang perempuan.
e.       Struktur Kepengurusan Yayasan Sosial La Royba (terlampir).
f.       Susunan Program Pengajaran (kurikulum) MTs dan MA  (terlampir).


JENJANG PENDIDIKAN DAN MASA STUDY PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI

PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI adalah lembaga pendidikan tingkat dasar keagamaan dan menengah yang berbasis dan berformasi sistem “pondok pesantren” dengan jenjang pendidikan dan masa studi sebagai berikut ;
-Tamatan SD/MI ke tingkat MTs masa pendidikanya selama 3 tahun
-Tamatan SMP/MTS ke tingkat MA (SMK TI) masa pendidikannya selama 3 tahun
-TMI BALI BINA INSANI masa pendidikan 6 tahun




SPESIFIKASI DAN CIRI-CIRI KHUSUS PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI

            Dilihat dari jenjang pendidikan atau masa studinya, BALI BINA INSANI memang “setingkat dengan SMP dan SMA atau MTS dan MA, SMK dan MAK, tetapi antara BALI BINA INSANI dan lembaga-lembaga  pendidikan lain terdapat perbedaan-perbedaan  yang sangat mendasar dengan spesifikasi dan ciri-ciri khusus yang sebagai berikut;
1.      Selain nilai-nilai keislaman, keindonesian dan kepesantrenan,TMI juga berlandaskan pada nilai-nilai perjuangan dan kejuangan yang mewarnai seluruh aktivitas di dalamnya.
2.      Ayah (mudirul ma’had) dan guru-guru BALI BINA INSANI berfungsi sebagai “Moral Force” yang dihormati dan dipatuhi oleh seluruh santri.
3.      Seluruh santri dan guru BALI BINA INSANI harus mukim (berdiam) di dalam pondok selama 24 jam dalam suasana kehidupan yang islami, ma’hadi, tarbawi, kecuali beberapa guru atatu instruktur yang berasal dari para profesional di masyarakat.
4.      Sejak dini, kepada para santri BALI BINA INSANI telah ditanamkan pengertian yang sebenarnnya tentang” tholabul ilmi”.
5.      Pendidikan dalam pengertian “pembebasan, pembendaharaan pembudayaan jauh lebih dipentingkan dari pada sekedar pengajaran (instruksional), sehingga keteladan (uswah), pendampingan (suhbah) dan ajakan kepada kebaikan (da’wah ilal khoir) menjadi urat nadi kehidupan sehari-hari di dalam pondok”.
6.      Arah pendidikan di BALI BINA INSANI tidak semata-mata bersifat vertikal (sekedar untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi), tapi yang terpenting arahnya untuk mempersiapkan para santri untuk dapat terjun ke masyarakat untuk mengamalkan “bekal-bekal dasar“ yang dimilikinya serta mengembangkannya secara optimal secara mandiri/otodidak. Karena itu tidak ada istilah “nganggur” untuk para alumni TMI.
7.      Kelas dua TMI/8 MTs pendidikan berorganisasi dalam leadership kepramukaan (regu dan pasukan) dan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) periode satu tahun.
8.      Kelas 3 TMI/9 MTs pendidikan belajar membaca dan mengajar Al Qur’an metode Qiroati atau Tilawati. Kemudian melaksanakan praktik mengajar Al Qur’an untuk santri TPQ dan study tour.
9.      Kelas empat TMI/X MA belajar organisasi pada gerakan kepramukaan di Gugus Depan dengan masa periode belajar satu tahun.
10.  Kelas lima TMI/XI MA belajar organisasi santri (OSALA) selama satu tahun, dan program study tour keluar Bali serta program Job training di Hotel bintang empat, toko sepatu dan tas, biro perjalanan wisata dan garment.
11.  Setelah menyelesaikan studinya selama enam tahun di TMI atau sudah duduk di kelas XII (kecuali tiga tahun bagi yang masuk ke MA yang berasal dari SMP/MTs luar) dan sebelum melanjutkan ke jenjang  pendidikan tinggi, para alumni wajib melaksanakan program sebagai berikut;
a.       Mengabdi melaksanakan Program Pengabdian masyarakat (PPM) selama maksimal satu bulan di kabupaten terpilih di Bali, khususnya di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkannya, di bawah pengawasan dan evaluasi  Biro Kaderisasi dan Pembinaan Alumni Pondok Pesantren Bali Bina Insani.
b.      Karya Tulis Ilmiah
c.       Khitobah wal Imamah
d.      Micro Teaching
e.       Hafalan 4 Juz (juz 30, 29, 1 dan juz 2).

SKEMA DASAR SISTEM PENDIDIKAN
PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI

LANDASAN INSTITUSIONAL
(Mabadi’ Ma’hadiyah)
KURIKULUM
(manahij Tarbawiyah)
Tujuan
OUTPUT
Profil Alumni
Profil Alumni
OUTPUT
Proses Transformasi
-  Metode
-  Manajemen
-  Ketenagaan
-  Dana dan Sarana
-  Lingkungan
-  Supervisi

Materi dan Program
(Areas of Education)
 



A.      Nilai –nilai Dasar
B.      Visi dan Misi Lembaga
C.      Orientasi Pendidikan
D.      Falsafah dan Motto Pendidikan






         A                                                    B                                            C








Feed back

LANDASAN-LANDASAN INSTITUSIONAL
PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
Landasan–landasan Institusional/kelembagaan di PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI mencakup 4 unsur utama, yaitu nilai-nilai Dasar, Visi, Misi dan Strategi serta Orientasi dan Falsafah atau moto-moto Pendidikan.
A. NILAI-NILAI DASAR PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
1.      Keislaman
a.       Aqidah, Syari’ah dan akhlaq Islam.
b.      Tradisi keilmuan dan kehikmahan yang berkembang di kalangan kaum Muslimin, terutama pada zaman keemasan Islam.
2.      Keindonesiaan
a.       Pancasila dan UUD 1945 - NKRI (Konstitusi Negara yang berlaku).
b.      Undang-undang No. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
c.       Undang-undang lainnya yang terkait.
3.      Kepesantrenan
a.       Panca jiwa pondok pesantren (keihklasan, kesederhanaan, ikhwah Islamiyah, kemandirian dan kebebasan yang positif).
b.      Sunnah-sunnah dan Tradisi-tradisi pesantren yang positif.
c.       Falsafah “Belajar untuk Ibadah“ ( ilmu Nafi’ dan Al-Hikmah).
4.      Kejuangan
a.       Falsafah “Al-Jihad, Al-Mujahadah dan Al-Ijtihad”.
b.      Falsafah “Meraih Prestasi Paling Maksimal, Pengabdian yang Terbaik, Pengorbanan Tanpa Pamrih”.
c.       Perjuangan menuju “izzil Islam wal muslimin” sebagai “Rahmatan lil-‘Alamin”.
d.      Klip “Keikhlasan, Loyalitas, Integritas, Pengabdian”.
B. VISI, MISI DAN STRATEGI PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
1.      Visi  lembaga
·         Menjadikan Pondok Pesantren sebagai sumber ilmu pengetahuan, keterampilan dan peradaban dalam rangka mengabdi pada agama, bangsa dan negara.

2.      Misi Lembaga
·      Membentuk sumber daya manusia yang unggul, berkualitas, berbudi luhur, berbadan sehat dan berpengetahuan luas.
·      Mewujudkan Islam sebagai Rahmatan Lil `Alamin dalam berbagai aktivitas pengabdian kemasyarakatan.
·      Bersahabat dengan semua umat tanpa melihat sekat baik etnis, geografis dan ideologis.
·      Menyiapkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3.      Strategi
Seluruh proses pendidikan di Pondok Pesantren Bali Bina Insani dan instrument-instrumennya direncanakan dalam satu pola perencanaan (strategi) yang cermat, teRp.adu dan komprehensif, berdasarkan riset, evaluasi, dan masukan-masukan dari berbagai pihak. Rencana Strategis (Renstra) ini disusun setiap tahun dan disosialisasikan secara luas kepada para guru dan santri.
C. ORIENTASI DAN FALSAFAH PENDIDIKAN
            PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI
            Arah pendidikan di PONDOK PESANTREN BALI BINA INSANI tidak semata-mata untuk mempersiapkan alumninya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk siap terjun langsung ke masyarakat, mengamalkan ilmunya sambil belajar mengembankan diri secara mandiri atau otodidak. Ketiga arah pendidikan ini dikenal di kalangan para alumni dengan semboyan : “Obsesiku selalu : Berjasa, Berkembang dan Mandiri “yang mengacu pada tiga jenis orientasi, yaitu Orientasi Kemasyarakatan dan Kebangsaan, Orientasi Keulama’an/Kecendikiaan, serta Orientasi Kepemimpinan dan keguruan”.
Untuk maksud tersebut kepada para santri selalu ditanamkan falsafah-falsafah hidup dan moto-moto yang bersumber dari Al-Qur’an, Al-Hadist, Aqwal al-‘Ulama, Al-Amtsal wal Hikam dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar