Senin, 22 Februari 2016

STUDY TOUR SANTRI, pondok pesantren terbaik di bali

Study Tour merupakan Kegiatan untuk menambah wawasan baik di bidang pendidikan maupun di bidang pariwisata. Kegiatan Study Tour merupakan kegiatan wajib tahunan Pondok Pesantren Bali Bina Insani. PadaTahun 2013 Pondok Pesantren Bali Bina Insani melakukan kegiatan study tour di kota Malang dan pada tahun 2014 di Kota Yogyakarta. Pada Tahun ini Kegiatan Study tour Pondok Pesantren Bali Bina Insani dilaksanakan dari tanggal 14-16 Juni 2015 di daerah Kota Situbondo dan Banyuwangi yang diikuti oleh 85 Peserta yaitu 40 Santri MTs, 16 Santri MA, 10 Santri SMK dan 19 Guru Pendamping. Berangkat jam 24.00 WITA dari Pondok Pesantren Bali Bina Insani menuju tempat wisata  kunjungan pertama yaitu Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih Situbondo dan Wongsorejo Banyuwangi (sebelah utara) Jawa Timur. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.  Taman nasional ini dibagi menjadi beberapa pos pengamatan. Pos di Taman Nasional ini antara lain; Batangan. Di sini terdapat peninggalan sejarah berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, Bekol dan Semiang. Di sini terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Fasilitas yang ada di sini antara lain wisma peneliti, wisma tamu, dan menara pandang
Bama, Balanan, dan Bilik. Di sini merupakan lokasi wisata bahari, lokasi memancing, nyelam/snorkeling.
Setelah dari Taman Nasional Baluran rombongan menuju ke Pemandian Taman Suruh yang terletak di daerah barat kota Banyuwangi dan dilanjutkan beristirahat di salah satu hotel YAITU Berlin Barat di pusat kota Banyuwangi. Untuk kegiatan di malam harinya rombongan jalan-jalan di seputaran Alun-alun Banyuwangi yang terkenal dengan nama Taman Sri Tanjung.
Di hari ke dua rombongan melakukan kegiatan study banding dengan Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi yang terletak di daerah Banyuwangi Selatan. Di sana kami melakukan kegiatan berziarah di makam pendiri pertama pondok pesantren Darussalam Blok Agung. Setelah itu kami dipersilahkan untuk menuju ke ruangan pertemua dengan disambut  penampilan hadroh dari santri Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung.
            Di sana kami saling berbagi pengalaman mengenai kegiatan pondok pesantren. Kegiatan ini diakhiri dengan Sholat Dzuhur berjamah dan makan siang bersama. Sebagai kenang-kenangan rombongan menyerahkan vandel berupa piagam ucapan terimakasih.

Setelah dari Pondok pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Merah (Red Island). Yang tidak jauh dari pondok pesantren Darussalam Blok Agung ditempuh perjalanan  selama 1 jam.
Kurang lebih 1 jam di pulau merah, rombongan  pulang menuju pulau Bali. Di tengah perjalanan kami berhenti sejenak di pusat oleh-oleh Banyuwangi di daerah Kedayunan Rogojampi sambil melaksanakan Sholat Magrib di sana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar